7 Prospek Pekerjaan Yang Menjanjikan Khusus Jurusan Akuntansi

Jurusan yang nggak ada matinya Akuntansi dengan ribuan pesaing ketika mendaftar CPNS maupun melamar bekerja di perusahaan swasta di dalam dan luar negeri.

Akuntansi merupakan jurusan yang sarat akan angka dan perhitungan, syarat dasarnya pun sederhana yaitu mampu dan jago di bidang matematika, keahlian lain seperti analisa bisa dipelajari sambil lalu.

Jurusan Akuntansi ini ternyata memilikki Prospek Kerja yang cemerlang dengan gaji yang tidak sedikit, gaji seorang akuntan di publik di Amerika bisa mencapai $61.690 dolar per tahun.

Untuk bisa bekerja di Amerika ada syarat mutlak yang harus kamu milikki yaitu kemampuan dalam Bahasa Inggris.

Untuk itu kami sarankan bagi kalian yang belum bisa lancar Bahasa Inggris segera belajar bahasa Inggris dengan serius, jangan asal ikut teman atau ikut gaya-gayaan sekalian saja totalitas, meskipun tidak bekerja di luar negeri dengan keahlian akuntan kamu akan tetap mendapat tempat prioritas jika mampu berbahasa Inggris di negeri sendiri.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Cemerlang dan Bergengsi

Tugas seorang akuntan adalah membuat catatan keuangan suatu perusahaan, akuntan dapat bekerja di pemerintahan, perusahaan swasta ataupun organisasi.

Akuntan bertugas mepersiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayarkan sebelum tenggat waktunya.

Seorang akuntan dapat pula memberikan saran cara meningkatkan keuangan dengan melakukan evaluasi anggaran.

Selain itu akuntan bisa juga merekomendasikan kepada manager cara mengurangi biaya operasional, agar usaha yang berjalan dapat efisien dan efektif, serta meningkatkan profit bagi suatu usaha.

Selanjutnya diambil dari berbagai sumber mengenai Prospek Kerja bagi seorang akuntan atau jurusan akuntansi diantaranya;

1. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah bekerja di kantor pemerintahan, tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan instansi pemerintahan yang terkait. Bisa juga melakukan audit kepada setiap instansi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan/dapil.

Akuntansi pemerintahan memilikki standar tersendiri dalam hal pencatatan akuntansi, oleh sebab itu, ahli akuntan pemerintahan atau disingkat AAP ini merupakan salah satu tolak uku standarisasi akuntansi pemerintahan di Indonesia.

AAP diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, dan diikuti oleh PNS yang tugasnya menangani masalah keuangan di instansi pemerintahan.

2. Perencana Keuangan

Seiring bertambahnya golongan menengah dan peningkatan kesejahteraan yang condong meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia, maka kebutuhan seorang ahli di bidang keuangan juga meningkat terutama perusahaan besar.

Peluang ini menjadi lahan “basah” yang dimanfaatkan dengan sangat baik oleh segelintir orang yang menekuni profesi sebagai perencana keuangan.

Dalam upaya meningkatkan karir yang lebih baik maka dibutuhkan sertifikasi sebagai perencana keuangan. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh FPSB untuk seorang akuntan yang ahli di bidang perencanaan keuangan.

Agar bisa mendapatkan sertifikat ini, maka seseorang harus lulus tahap ujian yaitu Foundation in Financial Planning, Invesment Planning, Risk Management & Insurance Planning dna Retirement, Income Tax and Estate Planning.

3. Financial Analyst

Analis keuangan ini bisa dibutuhkan oleh perorangan maupun insitusi (bdan usah) dimana tugasnya adalah menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan dasara pertimbangan pengambilan keputusan bisnis, terutama untuk kepentingan strategi masa yang akan datang, termasuk investasi.

Financial Analyst di Indonesia lebih banyak menangani perusahaan sekuritas yang mengelola portofolio investasi dan berprofesi sebagai pialang saham mandiri.

Buat kamu yang sudah atau sedang mengambil S1 Akuntansi atau Manajemen Keuangan bisa banget mengambil kesempatan menjadi Financial Analyst, dan setelah itu dilanjutkan dengan program analis keuangan bersertifikasi dengan gelar CFA, CFA ini dikeluarkan oleh CFA institute setelah kamu lulus tahap tes sebanyak 3 level ujian, dan syarat untuk mengambil CFA ini adalah ia harus punya pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidang analisis keuangan dan investasi.

4. Konsultan Pajak

Salah satu persyaratan untuk memmperoleh ijin praktek sebagai konsultan pajak adalah harus lulus ujian sertifikasi konsultasi pajak atau disingkat USKP, yang dilaksanakan oleh IKPI bagi profesional yang dinyatakan lulus ujian ini maka berhak mendapatkan gelar BAP.

Besaran fee konsultan pajak adalah variatif sesuai dengan jenis pekerjaan,kasus pajak, dan jangka waktu penyelesaian, semakin rumit masalah yang dihadapi maka Yes betul semakin mahal.

5. Akuntan Intern

Biasa disebut juga dengan akuntan privat, akuntan privat bekerja di perusahaan atau organisasi tertentu.

Tugas-tugas akuntan intern ini adalah menyusun sistem akuntasi, menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk pihak luar atau intern perusahaan, menyusun anggaran,menangani masalah perpajakan perusahaan,melakukan pemeriksaan intern.

6. Auditor Internal

Auditor Internal memilikki tugas memeriksa laporan keuangan perusahaan secara internal, dan memastikan hasil laporan sesuai dengan aslinya.

Selain itu, auditor internal mempunyai kewajiban untuk memastikan pihak manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya dengan efisien untuk kemajuan perusahaan

7. Akuntan Publik

Akuntan publik ini biasanya telah mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik. Setiap AP wajin menjadi anggota IAPI, asosiasi profesi yang diakui pemerintah.

Akuntan publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Akuntan publik ini biasanya juga mendapatkan fee dari pengguna jasanya.

Nah sudah 7 kan Prospek Kerja Kuliah Jurusan Akuntansi yang dapat kami bagikan kepada sobat Kampus!n, semoga bermanfaat yah..