5 Penyebab Kesulitan Dalam Proposal Penelitian Skripsi Berikut Solusinya

Muncul beberapa pertanyaan ketika seseorang mulai mengalami pusing dan mual saat mengerjakan proposal penelitian. Kenapa mengerjakan proposal penelitian sulit? Sebabnya apa dan bagaimana cara mengatasi kendala yang muncul?

Masalah #1a. Bagian tersulit dari proposal penelitian adalah bagian materi dan metode. Hal ini karena peneliti harus mengurai metode penelitian bertahap sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan. Peneliti harus mampu membuat metode yang digunakan menjawab permasalahan, hipotesis dan tujuan penelitian. Dalam penulisan metode harus meyakinkan pembaca dengan proposalnya. Sebagian besar peneliti gagal dalam menunjukkan keselarasan hasil penelitian dengan metode penelitian.
Solusi #1b. Peneliti dapat belajar dari literatur-literatur jurnal ilmiah internasional dan berdiskusi dengan rekan peneliti yang telah melakukan banyak penelitian maupun penulisan jurnal, melakukan pembahasan ataupun evaluasi dengan berkelompok.
Masalah #2a. Bab pendahuluan merupakan “gerbang” pada sebuah karrya ilmiah yang akan dibuat, karena dengan pendahuluan harus disediakan informasi yang diperlukan oleh pembaca agar mudah dalam memahami penelitian yang dilaksanakan dan pendahuluan juga harus bisa menarik perhatian pembaca.
Solusi #2b. Peneliti dapat mempelajari pendahuluan karya ilmiah yang sudah ada, baik jurnal ilmiah nasional ataupun internasional. Selain itu, peneliti juga dapat menggunakan Model CARS yang tersedia tahapan yang memudahkan dalam penyusunannya.
Masalah #3a. Masalah lain yang timbul saat telah menyelesaikan proposal maupun laporan penelitian adalah abstrak. Karena pada abstrak terdapat intisari dari sebuah proposal penelitian, yang dalam penyajiannya sangat singkat dan pada hanya terdiri dari satu paragraf yang harus mencakup sekilas mengenai proposal penelitian Anda.
Solusi #3b. Cara mengatasi hal tersebut yaitu mengambil intisari dari proposal penelitian tersebut melalui latar belakang, tujuan masalah, dan metode. Penulisan abstrak harus dibuat sangat informatif, agar pembaca juga mengetahui maksud dan tujuan pembuatan proposal dan laporan penelitian.
Masalah #4a. Bagian sulit lainnya adalah menentukan materi dan metodologi penelitian saat pengumpulan data. Karena jika salah saat menentukan variabel dan metode dalam pengujian sampel maka akan terjadi masalah pada hasil dan tujuan yang akan dicapai. Metode penelitian yang digunakan akan menggambarkan strategi dan isi penelitian.
Solusi #4b. Masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mencari referensi dan merujuk pada buku metode penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Kemudian yang kedua, mencari referensi penelitian, jurnal, skripsi, tesis, dan disertasi yang sama dan menggunakan variabel dan landasan teori pada penelitian yang akan dilakukan. Ketiga, menentukan jenis data yang akan diambil dengan cara antara lain wawancara, observasi, simulasi, dan eksperimental.

Dengan demikian, Anda telah membaca beberapa kendala dan solusi yang dapat diuji coba sesuai dengan jenis penelitian, proposal dan laporan penelitian yang akan dilaksanakan. Apabila Anda masih belum ada gambaran sama sekali untuk membuat proposal, silakan menghubungi Kami untuk