Contoh Skripsi Teknik Lingkungan Tentang Penurunan Kadar Minyak Pada Limbah Bengkel

Contoh skripsi teknik lingkungan dengan judul Penurunan Kadar Minyak Pada Limbah Bengkel Dengan Menggunakan Reaktor Pemisah Minyak dan Karbon Aktif Serta Zeolit Sebagai Media Adsorben ini sangat mudah dikerjakan.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa bertambahan jumlah kendaraan di Indonesia sekarang sangat signifikan per tahun.

Hal ini tentunya menjai penyebab terjadinya perubahan pola kehidupan yang samgat berdampak pada lingkungan sekitar.

Diataranya yaitu pencemaran tanah dan air tanah yang diakibatkan oleh sisa dari proses penggantian oli pelumas kendaraan motor dan mobil, dan pencucian mesin kendaraan bermotor.

Disitulah kita akan melakukan penelitian pada limbah minyak hasil penggantian oli maupun pencucian kendaraan.

Coba sobat bayangin,

Sebenarnya meningkatnya produksi otomotif sangat dilematis, produksi otomotif sangat membantu aktivitas manusia, namun di lain sisi menimbulkan efek negatif bagi lingkungan salah satu nya adalah berupa akumulasi oli pelumas mesin (senyawa hidrokarbon) dalam bentuk cairan.

Namun, kita dapat mencoba memberikan solusi dengan membuat Reaktor Pemisah Minyak.

Reaktor pemisah minyak merupakan suatu unit pengolahan limbah yang terdiri dari dua tahap proses, yaitu pemisahan, dan adsorpsi (karbon aktif dan zeolit).

Penelitian pada skripsi teknik lingkungan kali ini bertujuan untuk mengetahui prosentase penurunan konsentrasi minyak dengan menggunakan reaktor pemisah minyak.

Disamping itu, juga dapat mengetahui variasi media yang paling efektif dengan menggunakan karbon aktif dan zeolit. Pengambilan sampel dilakukan pada inlet, outlet reaktor, outlet karbon aktif dan outlet zeolit setiap 1 kali sehari selama 13 hari.

Dalam topik skripsi kita ini menggunakan reaktor pemisah minyak yang terdiri dari empat sekat bagian.

Reaktor ini terbuat dari bahan kaca, karena minyak akan menempel pada bahan padat seperti kaca.

Selain proses pemisahan, limbah juga mengalami proses adsorpsi dengan menggunakan media karbon aktif dan zeolit.

 

Hasil Kesimpulan Skripsi/Tugas Akhir Jurusan Teknik Lingkungan

Hasil dari penelitian skripsi dengan judul Penurunan Kadar Minya Pada Limbah Bengkel Dengan Menggunakan Reaktor Pemisah Minyak dan Karbon Aktif Serta Zeolit Sebagai Media Adsorben ini diantaranya:

  1. Dari hasil penelitian skripsi ternyata waktu optimal reaktor pemisah minyak dalam menurunkan konsentrasi minyak dari limbah bengkel kendaraan rmotor dan mobil yaitu pada hari pertama hingga hari kesepuluh dengan efisiensi penurunan berturut-turut sebesar 36,73%; 34,09%; 40,47%; 45%; 51,61%; 47,82%; 47,36%; 42,42%; 41,37%; 27,27%.
  2. Setelah penelitian skripsi dilakukan dapat disimpulkan bahwa reaktor pemisah minyak mampu menurunkan konsentrasi minyak paling tinggi yaitu pada hari kelima sebesar 51,61% dan efisiensi terkecil pada hari kesepuluh yaitu sebesar 27,27%, dengan rata-rata efisiensi penurunan sebesar 45,10 %.
  3. Sedangkan luas permukaan sekat mempengaruhi dalam proses penangkapan minyak, semakin luas permukaan sekat maka kemampuan sekat dalam menangkap minyak lebih baik.
  4. Dari penelitian skripsi kali ini membuktikan bahwa karbon aktif merupakan media adsorben yang efektif dalam menurunkan kadar minyak, dengan prosentase total efisiensi rata-rata sebesar 61,17 %.
  5. Yang terakhir, dapat kita ketahui pada hari ketiga belas, reaktor pemisah minyak telah mengalami kondisi jenuh.

 

Contoh skripsi dengan judul Penurunan Kadar Minyak Pada Limbah Bengkel Dengan Menggunakan Reaktor Pemisah Minyak dan Karbon Aktif Serta Zeolit Sebagai Media Adsorben dapat sobat download dibawah.

Contoh skripsi ini tidak bertujuan untuk diplagiat kawan, hanya sebagai referensi skripsi saja. Masa mahasiswa Indonesia plagiat, malu kan..

 

Download contoh Skripsi Teknik Lingkungan