Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Berjudul Analisis Dampak Jangka Panjang Merger dan Akuisisi

Kawan, tahu nggak apa dampak jangka panjang adanya merger dan akuisisi?

Well, kita akan mengulas topik tersebut pada contoh skripsi manajemen keuangan yang berjudul Analisis Dampak Jangka Panjang Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan perusahaan Pengakuisisi dan Perusahaan Diakuisisi dengan mengolah data yang ada di Bursa Efek Jakarta.

OK, lets go!

Tujuan penelitian skripsi manajemen keuangan dengan judul tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh aksi perusahaan dalam melakukan merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan pengakusisi dan perusahaan yang diakusisisi dalam jangka panjang.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan sinergi yang diharapkan dapat terlihat dalam jangka panjang terhadap perusahaan.

Kinerja keuangan pada penelitian skripsi manajemen keuangan kali ini diukur dengan menggunakan rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio leverage dan rasio profitabilitas dan return saham.

Ddengan jangka waktu penelitian yang dilakukan selama satu tahun sebelum, satu dan dua tahun sesudah merger dan akuisisi.

Mengenai data sampel pada contoh penelitian skrispi ini terdiri dari 14 perusahaan pengakuisisi dan 12 perusahaan yang diakuisisi.

 

Kesimpulan Penelitian Skripsi Manajemen Keuangan

Kawan, dari analisa yang telah dilakukan serta pembahasan pengaruh merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahan, maka dapat kami tarik kesimpulan sesuai hasil penelitian skripsi adalah sebagai berikut:

Pertama, pada perusahaan pengakuisisi current ratio, quick ratio, debt to equity ratio dan net profit margin mengalami penurunan pada satu tahun sesudah merger dan akuisisi dan mengalami peningkatan pada tahun kedua sesudah merger dan akuisisi.

Sedangkan pada fixed asset turnover,total asset turnover, debt to total asset menurut hasil penelitian skripsi manajemen keuangan kali ini mengalami peningkatan pada masa sesudah merger dan akuisisi dan padaoperating profit dan return on investment mengalami penurunan pada masa sesudah merger dan akuisisi.

Sementara itu return on equity mengalami peningkatan pada tahun pertama merger dan akuisisi, namun menurun pada tahun kedua sesudah merger dan akuisisi.

Kedua, pada perusahaan diakuisisi current ratio, quick ratio, fixed asset turnover dan return on equity mengalami peningkatan pada masa sesudah merger dan akuisisi.

Sementara pada total asset turnover, net profit margin dan return on investment meningkat pada satu tahun sesudah merger dan akuisisi, namun menurun pada tahun kedua setelah merger dan akuisisi. Pada debt to total asset dan debt to equity ratio mengalami penurunan pada tahun pertama sesudah merger dan akuisisi dan meningkat pada tahun kedua sesudah merger dan akuisisi.

Kesimpulan yang paling menarik dari penelitian skripsi manajemen keuangan ini yaitu dari kedua hasil pengujian tersebut disimpulkan tidak ada perbedaan antara kinerja keuangan sebelum dengan sesudah merger dan akuisisi yang menolak hipotesis yang diajukan sebelumnya.

Dengan kata lain bahwa merger dan akuisisi berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Kejadian ini diduga terjadi karena merger dan akuisisi tidak terjalin sinergi bagi perusahaan baik perusahaan pengakuisisi maupun perusahaan yang diakuisisi.

Tidak sinerginya kedua perusahaan bisa disebabkan karena lemahnya strategi yang dilakukan, pemilihan perusahaan target yang kurang tepat, perusahaan pengakuisisi kurang pengalaman dalam melakukan merger dan akuisisi dan adanya faktor non ekonomis yaitu untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan.

Bagaimana kawan, ingin tahu bagaimana detail isi penelitian skripsi manajemen keuangan tentang merger dan akuisisi kali ini?

Download saja melalui link dibawah, bukan untuk diplagiat kawan namun hanya sebagai bahan referensi demi kemajuan dunia penelitian di Indonesia.

 

 

Contoh skripsi manajemen keuangan tentang merger dan akuisisi