Contoh Skripsi Teknik Elektro Tentang Analisa Jaringan Automatic 6to4

Sobat, kali ini kami akan membagikan Contoh Skripsi Berjudul Analisa Performa Jaringan Automatic 6TO4 Tunneling dan Jaringan Manually Configured IPV6 Tunneling Dengan Menggunakan Aplikasi VLC dan Helix Streaming Server yang dapat didownlad secara gratis.

Pada dasarnya skripsi teknik elektro ini bertujuan untuk membandingkan performa dari jaringan automatic 6to4 tunneling dengan jaringan manually configured IPv6 tunneling.

Experimen yang dilakukan dalam skripsi ini dilakukan pada jaringan lokal dengan menggunakan empat macam topologi jaringan, jaringan IPv4, jaringanIPv6, jaringan automatic 6to4 tunneling dan jaringan manually configured IPv6 tunneling.

Sedangkan untuk aplikasi yang digunakan berupa aplikasi video streaming yaitu VLC dan HELIX streaming server saja.

Uji coba dalam skripsi jurusan teknik elektro ini dilakukan dengan menggunakan dua buah laptop, router cisco 3700 dan 3800 series, serta sebuah layer-2 switch.

Sedangkan parameter yang diukur merupakan packet loss dan throughput serta variasi dalam pengambilan data dilakukan menggunakan file video dengan format file yang berbeda-beda.

Oleh karena itu maka setiap format video dilakukan pengambilan data sebanyak lima kali tiap topologi jaringan.

Hasil pengolahan data yang telah dilakukan pada skripsi kali ini menunjukkan bahwa jaringan manually configured IPv6 tunneling memiliki performa yang lebih bagus dibandingkan jaringan automatic 6to4 tunneling yang ditunjukkan dengan lebih kecilnya presentase packet loss yang dihasilkannya.

Selisih presentase packet loss sebesar 0,38% pada streaming menggunakan VLC dan 1,3% pada streaming menggunakan HELIX.

 

Kesimpulan Hasil Penelitian Skripsi

Hasil kesimpulan pada skripsi dengan judul Analisa Performa Jaringan Automatic 6TO4 Tunneling dan Jaringan Manually Configured IPV6 Tunneling Dengan Menggunakan Aplikasi VLC dan Helix Streaming Server diantaranya:

Pertama, dengan menggunakan parameter packet loss, topologi jaringan manually configured IPv6 tunneling mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan topologi jaringan automatic 6to4 tunneling, dengan selisih presentase packet loss sebesar 0,38% pada streaming menggunakan VLC
dan selisih presentase packet loss sebesar 1,3% pada streaming menggunakan HELIX.

Kedua, dengan menggunakan parameter throughput, kesemua topologi yang digunakan menunjukkan performa yang sama karena selisih nilai throughput kedua topologi tidak signifikan.

Ketiga, berdasarkan penelitian yang didapat, Topologi jaringan manually configured IPv6 tunneling lebih dianjurkan untuk digunakan pada jaringan berskala kecil karena performanya yang lebih baik yang ditunjukkan kecilnya presentase packet loss.

Keempat, berdasarkan penelitian yang didapat, Topologi jaringan automatic 6to4 tunneling lebih dianjurkan untuk digunakan pada jaringan berskala besar karena tidak diperlukan adanya konfigurasi ulang pada tunnel jika ada penambahan komponen jaringan baru.

 

Skripsi Analisa Performa Jaringan Automatic 6TO4 Tunneling dan Jaringan Manually Configured IPV6 Tunneling Dengan Menggunakan Aplikasi VLC dan Helix Streaming Server ini dapat didownload gratis pada link dibawah.

Ingat sobat, sobat bahwa skripsi ini dapat didownload secara gratis bukan untuk tujuan plagiat namun sebagi bahan referensi untuk membantu memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

 

Download contoh Skripsi Teknik Elektro